Beranda Mining Services ZF Tawarkan Inovasi Industri Otomotif, Sukses Raih Pertumbuhan 9%

ZF Tawarkan Inovasi Industri Otomotif, Sukses Raih Pertumbuhan 9%

Stuttgart, Jerman – TAMBANG. Sepanjang tahun 2014, ZF Friedrichshafen AG mencatatkan pertumbuhan penjualan hingga 9%, dengan nilai transaksi total 18, 4 miliar Euro. Ini merupakan prestasi tersendiri, di atas rata-rata capaian untuk industri otomotif.

 

Di saat yang sama, ZF juga membuktikan kemampuan mencetak laba lebih besar. Pendapatan kotor sebelum bunga dan pajak (EBITDA) melambung lebih dari sepertiga pemasukan tahun lalu, sehingga menyentuh angka 1, 1 miliar Euro.

 

“Tahun 2014 kembali diwarnai dengan tren pasar yang heterogen,” ujar CEO ZF, Stefan Sommer, saat menyampaikan laporan keuangan, di Stuttgart, Maret 2015.

 

Hasil yang sesuai target itu diakui Sommer sebagai sesuatu yang menggembirakan dan patut disyukuri. Ia pun menyampaikan apresiasi kepada para pekerja dan karyawan yang telah berkontribusi dengan komitmen luar biasa,  untuk mencapai kesuksesan ini.

 

Menurutnya, penggerak utama pertumbuhan bisnis ZF adalah sistem poros dan transmisi otomatis mobil penumpang. Sementara pasar untuk kendaraan komersial dan mesin off-road diakuinya masih mengalami kelesuan.

 

“Transmisi otomatis 8-kecepatan, dengan genenrasi keduanya yang baru kami luncurkan tahun lalu, menjadi yang terpopuler di kalangan pelanggan,” papar Sommer.

 

Secara khusus, kawasan Asia Pasifik menjadi penyumbang terbesar kedua bagi ZF, dengan jumlah pendapatan 3,6 miliar Euro. Sementara di posisi pertama dengan selisih tipis adalah kawasan Amerika Utara, yang menyumbang 3,7 miliar Euro.

 

Sebagai respon dari permintaan pasar yang meminati produk-produk ZF, investasi sebesar 1 miliar Euro pun kembali digelontorkan pada tahun 2014. Modal tambahan itu disuntikkan dalam bentuk pembangunan properti, pabrik, serta peralatan.

 

“Pelanggan membutuhkan kehadiran kami langsung di site, karenanya perusahaan terus mengembangkan jaringan pelayanan produksi dan riset,” jelas Sommer.

 

Untuk riset dan pengembangan sendiri, ZF tahun lalu telah menghabiskan dana 891 juta Euro. Tak heran bila perusahaan pemegang 860 aplikasi paten ini kembali dinobatkan menjadi salah satu dari 10 besar inovator di Jerman.

 

Rasio ekuitas Grup ZF sendiri hingga akhir tahun 2014 relatif konstan pada angka 34%. Sementara posisi laba naik 37% menjadi 1,4 miliar Euro.

 

“Fokus kami pada efisiensi dan peningkatan portofolio tercermin pada perkembangan positif indikator finansial tersebut. Artinya, kami sudah berada pada jalur yang benar,” Konstantin Sauer, CFO ZF, menambahkan.

 

Sauer pun merujuk pada rencana akuisisi TRW Automotive, yang sejauh ini berjalan lancar dengan posisi keuangan yang kokoh itu. Pada saat kesepakatan akuisisi TRW ditandatangani, ZF pun sebenarnya sudah mendapat jaminan pendanaan bank sebesar 12,5 miliar Euro.

Artikulli paraprakPLN Libatkan TNI AD Uji Kualitas Batu Bara
Artikulli tjetërImpor Batu Bara India di Wilayah Timur Capai Target