Beranda Korporasi Antam Raih Penghargaan Anugerah BUMN dan Bcomss Award 2022

Antam Raih Penghargaan Anugerah BUMN dan Bcomss Award 2022

Jakarta, TAMBANG – PT Aneka Tambang (Antam) kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini, holding MIND.ID tersebut meraih penghargaan dalam ajang 11 th Anugerah BUMN 2022 dan BUMN Corprate Communications and Sustainability (BCOMSS) Award 2022 yang digelar pada 23-24 Maret.

Pada gelaran 11 th Anugerah BUMN yang mengusung tema ‘Transformasi Tata Kelola BUMN Membangun Keseimbangan Bisnis’, Antam menerima penghargaan kategori transformasi Organisasi Terbaik III.

“Apresiasi anugerah BUMN yang diterima perusahaan merupakan wujud nyata atas komitmen Antam dalam melaksanakan tata kelola perusahaan sesuai dengan best practice dalam pengembangan bisnis yang dijalankan,” kata Direktur Pengembangan Usaha Antam, Dolok Silaban dalam keterangannya, dikutip Senin (4/4).

Kategori transformasi organisasi memiliki beberapa kriteria meliputi rencana, program kerja dan kebijakan yang telah disusun serta hasil yang diperoleh dalam bertransformasi dan bertumbuh terutama di masa Covid 19.

Sementara pada acara BCOMSS Award, Antam mendapat juara 2 pada kategori sustainability dalam aspek pengembangan UMKM. Hal ini lantaran perusahaan memiliki program “Ecovillage Kiarasari” yang dijalankan melalui Unit Bisnis Pertambangan Emas di Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

“Selain itu, penghargaan BCOMSS Award melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar wilayah operasi merupakan apresiasi atas kinerja keberlanjutan perusahaan,” beber Dolok.

Desa Kiarasari memang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah seperti adanya air terjun, hamparan sawah terasering dan sumber mata air yang dapat dikelola sebagai destinasi wisata ramah lingkungan (Ecovillage). Kendati begitu, kekayaan tersebut belum dioptimalkan dengan baik untuk penghasilan masyarakat setempat.

Adapun pengembangan UMKM yang dilaksanakan Antam di Kiarasari antara lain pengelolaan destinasi wisata, camping ground, pembuatan pupuk kompos, budidaya ubi jalar Jepang, pengelolaan olahan makanan ringan dan kerajinan daur ulang sampah organik.

Sebagai informasi, BCOMSS Award 2022 adalah gelaran akbar praktisi komunikasi dan Corporate Social Responsibility (CSR) di lingkungan BUMN yang sudah mulai berjalan pada tahun lalu. Acara ini dimaksudkan agar perusahaan berplat merah menjadi benchmark, standarisasi dan apresiasi tertinggi yang pada akhirnya akan membawa peningkatan kualitas program komunikasi dan keberlanjutan.

Artikulli paraprakForests and Finance Rilis Data Terbaru Soal Investasi Diduga Merisikokan Hutan
Artikulli tjetërCanggih, MIND ID Manfaatkan Aplikasi Digital Kelola Air Limbah Pertambangan