Beranda Tambang Today Umum Arutmin Raih Penghargaan Good Mining Practices, Borneo Indobara Sabet Kategori Safety

Arutmin Raih Penghargaan Good Mining Practices, Borneo Indobara Sabet Kategori Safety

Jakarta, TAMBANG – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengapresiasi Badan Usaha Pertambangan dan Badan Usaha Jasa Pertambangan yang telah melaksanakan Good Mining Practices, dengan memberikan Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2021.

“Apresiasi kepada badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang telah melakukan upaya untuk mematuhi kaidah teknis, melakukan konservasi sumber daya dan cadangan, menciptakan kondisi kerja yang aman, dan perlindungan terhadap lingkungan hidup dengan menerapkan praktek pertambangan yang baik dan benar, atau disebut good mining practices,” tutur Arifin saat sambutan pada penyerahan penghargaan tersebut, Rabu (29/9).

Good mining practices adalah nominasi yang diberikan kepada mereka yang berhasil menerapkan kaidah teknik pertambangan mineral dan batubara dengan Baik.

Di antara pemenang nominasi ini ialah PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin sebagai peraih Penghargaan Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik, untuk Kelompok Badan Usaha Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara, Izin Usaha Pertambangan dan Izin Usaha Pertambangan Khusus Komoditas Batubara.

Sementara itu, pemenang Penghargaan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara atau kategori safety, diraih PT Borneo Indobara untuk Kelompok Badan Usaha Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara dan Izin Usaha Pertambangan Khusus Penerimaan penghargaan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara.

Di acara yang sama, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Ridwan Djamaluddin mengatakan, penghargaan ini adalah bukti pertanggungjawaban pelaku usaha pertambangan kepada masyarakat.

“Acara penghargaan ini sebagai bukti pertanggungjawaban kita kepada publik bahwa kegiatan pertambangan ini adalah industri yang kita upayakan sebaik-baiknya untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya,” kata Ridwan.

Aktivitas pertambangan, lanjut Ridwan, tetap harus memperhatikan aspek kebermanfaatan, kelestarian dan keselamatan bagi para pelaku, lingkungan dan masyarakat umum.

“Selain itu juga menjaga keselamatan para pelakunya dan menjaga lingkungan dalam jangka panjang. Jadi good mining practices ini sesungguhnya adalah upaya kita mempertanggungjawabkan kegiatan kita semua, insan-insan pertambangan kepada publik,” tandas Ridwan.

Sebagai informasi, Penyerahan Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik merupakan bagian dari Peringatan Hari Jadi Pertambangan ke-76 yang jatuh pada 28 September 2021.

Artikulli paraprakMenteri ESDM Anugerahkan 11 Kategori Penghargaan Subroto
Artikulli tjetërPemboran Eksplorasi Panas Bumi Wae Sano, NTT Ditergetkan Awal 2021