Beranda ENERGI Migas Dituduh Korupsi, Pejabat Senior BUMN Migas Mundur

Dituduh Korupsi, Pejabat Senior BUMN Migas Mundur

Liao Yongyuan (tengah). Sumber foto: BBC.co.uk

WAKIL Direktur Utama PetroChina, Liao Yongyuen, kemarin mengundurkan diri dari jabatannya setelah raksasa BUMN minyak dari Cina itu mengumumkan bahwa dirinya tengah diselidiki oleh komisi pengawas anti-korupsi. Liao dituduh melakukan ‘’pelanggaran disiplin yang serius’’.

 

Dalam pernyataan singkatnya, perusahaan PetroChina menyebutkan, Liao meletakkan jabatannya dari posisinya sebagai wakil direktur utama dan direktur non-eksekutif, secepatnya. Liao adalah pejabat paling senior di antara dua wakil direktur utama PetroChina. PetroChina merupakan produsen minyak dan gas paling besar di Cina. Liao adalah orang nomor dua di perusahaan pelat merah itu.

 

Pada Senin, komisi pengawas korupsi Cina mengatakan, Liao tengah diselidiki akibat pelanggaran disiplin yang serius, yang ia lakukan semasa menjabat sebagai general manager China National Petroleum Corporation, induk usaha PetroChina.

 

Sebagaimana diberitakan situs berita BBC hari ini, Liao adalah pejabat senior di CNPC. Ia sudah bekerja di perusahaan itu selama 30 tahun. Pada Mei 2014 ia ditunjuk sebagai wakil direktur utama PetroChina, beberapa bulan setelah komisi antikorupsi mengumumkan bahwa beberapa pejabat puncak di CNPC dan PetroChina diselidiki. Termasuk Jiang Jiemin, bekas direktur utama kedua perusahaan itu.

 

CNPC belum bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya. Komisi antikorupsi juga belum memberi penjelasan lebih rinci mengenai penyelidikan yang ia lakukan.

 

Presiden Xi Jinping memang tengah giat memerangi korupsi, selama dua tahun di kekuasaannya ini. Ia mengatakan, korupsi bakal mengancam kelanggengan Partai Komunis.

 

Artikulli paraprakEkspor LNG Indonesia ke Taiwan Naik Tajam
Artikulli tjetërNewmont Serahkan Dokumen Persyaratan Pengajuan Ekspor