Beranda Korporasi Glencore Rampungkan Akuisisi Tambang Batu bara Carejon, Kolombia

Glencore Rampungkan Akuisisi Tambang Batu bara Carejon, Kolombia

Jakarta,TAMBANG,-Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan komoditi, Glencore mengumumkan telah merampungkan akuisisi 66,6% saham dari dua mitranya yakni Anglo American dan BHP di tambang batu bara Cerrejon, di Kolombia. BHP dan Anglo American masing-masing memiliki 33,3% saham di tambang terbuka, yang terletak di provinsi La Guajira.

Ini dilakukan setelah mendapat persetujuan dari regulator setempat. Dengan demikian Glencore menguasai sepenuhnya tambang batu bara terbesar di Kolombia tersebut.

Sebagaimana diketahui sebelumnya pada Juni tahun lalu, para pihak ini sepakat bahwa Glencore, yang telah menguasai 33,3% saham di Cerrejon, akan mengambil kepemilikan penuh atas tambang batu bara. Kala itu harga yang ditawarkan sebesar USD588 juta telah disetujui dengan tanggal efektif ekonomis 31 Desember 2020.

Setelah memperhitungkan dividen yang dihasilkan oleh arus kas operasi 2021 yang kuat, dengan beberapa penyesuaian Glencore mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan pembayaran tunai sebesar USD101 juta pada saat penyelesaian.

“Akuisisi Glencore atas Cerrejon menandadakan perusahaan ini konsisten dengan strategi perubahan iklim dan telah diperhitungkan dalam target pengurangan emisi yang kami nyatakan,” ungkap Manajemen Glencore.

Artikulli paraprakJamin Rantai Pasok Batu Bara, Krakatau International Teken MoU Dengan Aspebindo
Artikulli tjetërAkselerasi Ekosistem EV, PLN Operasikan SPKLU Pertama di Sumbar