Beranda Korporasi Medco Raih PROPER Emas Empat Kali

Medco Raih PROPER Emas Empat Kali

Jakarta –  TAMBANG. PT Medco E&P Indonesia – Rimau Asset tahun ini kembali meraih PROPER Emas. Ini adalah kali keempat perusahaan tersebut meraih penghargaan tertinggi PROPER, berturut-turut setiap tahunnya sejak 2011. Sampai saat ini, Rimau Asset jadi satu-satunya perusahaan E&P minyak dan gas bumi yang bisa mempertahankan prestasi itu.

 

PT Medco E&P Indonesia – Rimau Asset adalah anak perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk yang bergerak di bidang E&P (Eksplorasi dan Produksi) Minyak dan Gas Bumi Daratan di Sumatera Selatan. Sejak berdiri tahun 1997, kapasitas produksinya mencapai 11.500 barrel minyak mentah per hari.

 

PT. Medco E&P Indonesia Rimau Asset senantiasa mengusung gagasan “green and organic” dalam program pengembangan masyarakat. Setelah sukses mengembangkan pertanian padi organik dengan metode SRI, Medco mulai memperluas cakupan program ke komoditi non padi. Budidaya karet organik mulai dikembangkan Medco bersama masyarakat. Karet telah menjadi bagian dari kehidupan sebagian besar masyarakat Sumatera Selatan. Namun kualitas dan hasil belum sesuai dengan yang diharapkan. Melalui program ini, Medco membuktikan bahwa metode organik mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil karet dengan tetap menjaga lingkungan hidup.

 

Pencapaian prestasi tersebut memperlihatkan perbedaan Rimau Asset dengan perusahaan  sejenis, sebagaimana yang menjadi catatan khusus Tim PROPER. Pertama, Rimau Asset mencatat angka nol (nihil) atas tingkat pembuangan limbah cair (air) ke lingkungan sekitar pusat eksplorasi (zero wastewater surface discharge) sejak tahun 1998, berkat sistem injeksi 100% limbah air terproduksi (produced water). Kedua, mencatat angka nihil atas tingkat pembakaran gas (zero gas flaring) berkat system pembangunan dan pengoperasian kilang mini LPG (tahun 2006) serta dengan pemasangan kompresor gas bertekanan rendah (tahun 2011). Ketiga, melaksanakan program pemberdayaan masyarakat lokal melalui pola pertanian organik.

 

Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 2014, Rimau Asset melakukan upaya berkelanjutan dalam memperbaiki kinerja lingkungan. Dalam pemanfaatan sumber daya, pelaksanaan EOR Pilot Project dan Efisiensi Sistem Transportasi menjadi program unggulan untuk kriteria Efisiensi Energi. Selain itu, Rimau Asset tetap melakukan optimalisasi untuk menjaga penurunan emisi dalam kegiatan operasinya dengan utilisasi gas flare yang masih tersisa. Konsep green supply chain management dalam pengurangan dan pemanfaatan Limbah B3 terbukti mampu menjadikan pengelolaan limbah B3 rantai supply yang berwawasan lingkungan

 

Malam Anugerah PROPER 2014 dilaksanakan Selasa (2/12) malam di Jakarta. Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir untuk menyerahkan piagam kepada para peraih penghargaan PROPER.

 

 

 

Artikulli paraprakPerusahaan Sektor ESDM Borong Emas Proper 2014
Artikulli tjetërProyek Alih Fungsi Kilang Arun Tertunda