Beranda Tambang Today Kementerian ESDM Siapkan Pergantian 11 Jabatan Direktur

Kementerian ESDM Siapkan Pergantian 11 Jabatan Direktur

Jakarta – TAMBANG. Menyusul lelang jabatan eselon I di lingkungan Kementerian ESDM yang sudah memasuki tahap akhir, kini proses suksesi mulai digelar untuk jabatan eselon II. Ada 11 jabatan setara direktur yang akan diisi melalui seleksi terbuka.

 

Sebelas posisi yang akan mengalami pergantian pejabat tersebut meliputi:

1. Kepala Biro Keuangan (Sekretariat Jenderal KESDM)

2. Inspektur IV (Inspektorat Jenderal KESDM)

3. Inspektur V (Inspektorat Jenderal KESDM)

4. Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas (Ditjen Migas KESDM)

5. Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas (Ditjen Migas KESDM)

6. Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara (Ditjen Minerba KESDM)

7. Kepala Pusat Survei Geologi (Badan Geologi ESDM)

8. Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM (Balitbang ESDM)

9. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (Balitbang ESDM)

10. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Migas (Badiklat ESDM)

11. Direktur Bahan Bakar Minyak (BPH Migas)

 

Sesuai dengan Permen PAN dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah, maka seleksi dibuka bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memenuhi syarat.

 

Beberapa persyaratan yang dimuat dalam situs resmi Kementerian ESDM antara lain terkait status PNS yang harus berpangkat IV/b (Pembina Tingkat I), eselon III (Administrator) atau eselon II (Pimpinan Tinggi Pratama). Batas usia yang ditetapkan adalah maksimum 56 tahun, pada akhir April 2015.

 

Selain memiliki pengalaman dan kompetensi sesuai jabatan yang diperlukan, pelamar jabatan diharuskan memiliki catatan bersih. Artinya, tidak pernah atau tidak sedang menjalani hukuman disiplin yang terkait dengan kejahatan jabatan.

 

Proses sosialisasi pendaftaran calon pejabat dilakukan mulai Selasa (7/4) sampai dengan Sabtu (11/4) pekan ini. Sementara berkas-berkas pendaftaran paling lambat diserahkan hari Minggu (12/4). Selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi oleh pihak sekretariat, yang hasilnya akan diumumkan tanggal 14 April 2015.

 

Calon yang lolos tahapan seleksi administrasi kemudian akan melalui proses penilaian dan wawancara rekam jejak. Dari proses itu hanya akan ada 3 orang calon terpilih untuk masing-masing jabatan, yang nama-namanya diumumkan tanggal 17 April 2015 mendatang.

 

Artikulli paraprakRekind Tetap Jadi Operator Proyek Pipa Gas Cirebon-Semarang
Artikulli tjetërPembubaran BPH Migas Bisa Picu Monopoli Usaha