Beranda Tambang Today Ketahanan Energi Bisa Dicapai Dengan Sinergi

Ketahanan Energi Bisa Dicapai Dengan Sinergi

Jakarta-TAMBANG. Untuk mendukung ketahanan energi, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmadja menekankan pentingnya sinergi antar pemangku kepentingan.

 

Menurutnya, energi di Indonesia sebetulnya tidak mahal, tetapi yang mahal adalah sinergi atau kerja sama antara pihak terkait karena selama ini ego sektoral selalu membayangi “Selama ini yang mahal ini bukan energi tapi sinerginya. Hal yang sulit dan mahal adalah sinergi,” ujarnya saat hadir di pertemuan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI), Jumat (6/2).

 

Maka dari itu, pihaknya mengharapkan agar ahli minyak yang tergabung dalam Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) dapat melakukan sinergi, baik dengan pemerintah ataupun stakeholder lainnya. Dengan begitu, masalah yang ada dalam industri migas dapat diatasi.

 

“Kalau IATMI bisa bantu sinergi, kita sebagai negara untuk perkembangan energi ke depan akan luar biasa,” imbuhnya.

 

Dia menambahkan, salah satu pengembangan energi yang membutuhkan peran serta sinergi antar stakeholder adalah adalah percepatan penciptaan Energi Baru Terbarukan (EBT) Panas Bumi atau geothermal. Selama ini, energi terbarukan tersebut masih belum mendapatkan perhatian secara maksimal dari seluruh stakeholder.

 

“Pengembangan panasbumi itu tantangan besarnya adalah lahan dan kehutanan. Kalau diingat, tantangannya itu sinergi, kalau bisa sinergi akan mudah kembangkan geothermal untuk ketahanan energi nasional,” pungkasnya.

Artikulli paraprakIndonesia Eksportir Timah Terbesar ke Cina
Artikulli tjetërPertamina Target Operasikan 44 SPBU Vi-Gas