Beranda Tambang Today Menteri Arifin Lantik Pejabat Eselon I dan II, Rida Mulyana Jadi Sekjen...

Menteri Arifin Lantik Pejabat Eselon I dan II, Rida Mulyana Jadi Sekjen ESDM

Jakarta, TAMBANG – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif baru saja melantik 14 orang pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian ESDM.

Acara diselenggarakan di Gedung Chairul Saleh, Kantor Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (9/8) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam struktur baru ini, posisi Sekretaris Jenderal ESDM kini dijabat Rida Mulyana yang sebelumnya menjabat Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Gatrik). Di posisi ini Rida menggantikan Ego Syahrial yang saat ini telah memasuki masa pensiun.

“Mengangkat saudara Rida mulyana sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terhitung sejak saat pelantikan,” demikian Keputusan Presiden tersebut.

Rida yang lahir di Sumedang pada 2 Mei 1963 ini merupakan lulusan teknik perminyakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang kemudian melanjutkan S2 di University of London mengmbil jurusan Petroleum Engineering.

Dalam pelantikan kali ini, terdapat rotasi jabatan antara Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral dengan Sekretaris Badan Geologi.

Sugeng Mujiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral, kini menduduki posisi Sekretaris Badan Geologi. Sebaliknya, Ediar Usman yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Badan Geologi kini menjabat sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral.

Sugeng sendiri merupakan Sarjana Geologi ITB, S2 Master of Environmental Engineering Science di The University of New South Wales dan di Queens University at Kingston mengambil jurusan Science In Engineering. Sedangkan  S3 menganbil jurusan perminyakan di ITB.

Adapun Ediar adalah lulusan Teknik Geologi baik dari sarjana hingga jenjang doktoral. Jenjang S1 dia habiskan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogyakarta, S2  di ITB dan S3 di Unpad.

Perombakan juga terjadi pada posisi Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batu Bara yang kini diisi oleh Tri Winarno. Sebelumnya, Tri menjabat sebagai Analis Kebijakan Ahli Madya di lingkungan Direktorat Jenderal Minerba.

Saat kuliah, Tri mengambil jurusan Teknik Pertambangan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, S2 Teknik Geologi UGM dan S3 Jurusan Pertambangan di Freiberg Technische Universitat Bergakademie, Jerman.

Informasi lengkap mengenai pejabat eselon I dan Eselon II yang baru dilantik menteri ESDM bisa dilihat dari tautan ini.

Artikulli paraprakBHP Gagal Caplok Oz Minerals
Artikulli tjetërKomisi VII DPR RI Desak BLU Batu Bara Segera Diresmikan