Beranda Internasional Oktober Nanti, BHP Siap Gunakan Truk Baterai Listrik CAT 793 Di Tambang...

Oktober Nanti, BHP Siap Gunakan Truk Baterai Listrik CAT 793 Di Tambang Jimblebal, Australia Barat

Jakarta,TAMBANG,- Perusahaan tambang multinasional, BHP akan mulai menggunakan truk listrik dalam kegiatan operasinya. Kali ini truk yang dipilih adalah CAT 793. Hal ini diketahui setelah anggota tim Dekarbonisasi operasional BHP telah menyambangin Tucson Proving Ground Caterpillar untuk melihat langsung truk pengangkut baterai-listrik (BEHT) CAT 793 beraksi.

Dijelaskan pula bahwa truk CAT 793 BEHT pertama sedang dalam perjalanan menuju BHP dan diperkirakan akan sampai di tambang Jimblebar di Australia Barat pada bulan Oktober 2024.

Wakil Presiden Operasional Dekarbonisasi BHP, Dan Heal menjelaskan, “Sungguh menyenangkan berada di Tucson melihat truk baterai-listrik ini beraksi. Uji coba ini tidak hanya mewakili langkah penting dalam perjalanan operasional dekarbonisasi BHP, namun hasil teknisnya juga dapat membantu menginformasikan cara kita menghadapi tantangan ini di masa depan”.

Ia menambahkan seiring kemajuan kami menuju potensi penerapannya, pihaknya perlu mempertimbangkan bagaimana merencanakan tambang, mengelola permintaan listrik, mengisi daya peralatan, keterampilan yang kami perlukan, dan yang paling penting keselamatan.

Wakil Presiden Global Mining and Services BHP, Sebastian Greco menjelaskan pihaknya mengambil tindakan mengharuskan perusahaan menantang pasar untuk melakukan pendekatan terhadap pengembangan teknologi secara berbeda. “Hal ini mengharuskan industri untuk berinovasi dan mengadopsi metode kolaboratif baru, untuk mengidentifikasi solusi melalui studi dan uji coba pembuktian konsep, dan hal ini mengharuskan kami untuk belajar bersama seiring berjalannya waktu,”tandas Greco.

Ia menambahkan, “Pengamanan truk pengangkut baterai-listrik CAT Early Learner yang pertama merupakan cerminan dari kolaborasi berkelanjutan antara BHP dan Caterpillar dan kami sangat senang dapat bekerja sama dalam uji coba ini.”

Sebagai persiapan, tambang Jimblebar milik BHP sedang menyelesaikan peningkatan transmisi dan distribusi listrik di lokasi untuk memungkinkan infrastruktur pengisian daya tinggi.

Di BHP, perusahaan mengambil tindakan untuk mendekarbonisasi operasi kami, dengan berupaya mengurangi emisi gas rumah kaca Cakupan 1 dan 2 melalui tiga cara utama yakni penggantian bahan bakar diesel, penghapusan emisi yang tidak terpakai, dan elektrifikasi.

BHP mempunyai rencana untuk mencapai target operasional pengurangan emisi GRK dalam jangka menengah dan jangka panjang di setiap operasi kami. Strategi kami bertujuan untuk mendekarbonisasi peralatan dan operasi pertambangan kami dengan beralih dari bahan bakar diesel ke listrik terbarukan atau sumber bahan bakar yang lebih berkelanjutan dan rendah emisi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini