Beranda ENERGI Kelistrikan Penunjukan Langsung IPP Bisa Menghemat Waktu

Penunjukan Langsung IPP Bisa Menghemat Waktu

Jakarta – TAMBANG. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengatakan penunujukkan langsung IPP memang bertujuan untuk percepatan proyek pembangkit listrik 35.000 MW. Pasalnya, IPP mendapat porsi garapan 25.000 MW, lebih besar dari PLN yang hanya dibebani produksi 10.000 MW.

 

“Termasuk nanti perusahaan-perusahaan tambang bisa ditunjuk langsung untuk bangun pembangkit listrik,” katanya.

 

Menurut Jarman, proses penunjukan langsung akan lebih efektif karena bisa memangkas waktu dan biaya tender. Dengan demikian, proses pembangunan akan berjalan lebih cepat tanpa meninggalkan asas-asas prosedur yang ada.

 

“Proses selama ini cukup lama karena harus negosiasi. Jadi, dipotong waktunya sehingga semua lebih cepat, tetapi tanpa meninggalkan asas dalam rangka prosedur yang baik,” ujarnya.

 

Syakib Bafagih, Direktur Keuangan (CFO) PT Paiton Energy, menyambut baik hal tersebut. Menurutnya hal ini akan berdampak pada kinerja perusahaan. Menurutnya, penunjukan langsung ini bisa memotong jalur panjang birokrasi yang setidaknya memakan waktu satu tahun. Penunjukkan langsung ini akan menghemat waktu perseroan.

 

“Kami menyambut baik hal ini,” pungkas Syakib.

 

 

 

Artikulli paraprakIPP Berkesempatan Ditunjuk Langsung untuk Proyek 35 GW
Artikulli tjetërEkspor Batu Bara NSW ke Cina Naik 22%