Beranda Mineral Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Menteri ESDM Dorong Optimalisasi Hilirisasi Mineral

Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Menteri ESDM Dorong Optimalisasi Hilirisasi Mineral

Proses Peleburan timah di PT Timah Tbk, Bangka

Jakarta, TAMBANG – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif terus mendorong program peningkatan nilai lebih lewat hilirisasi mineral sehingga dapat memberikan manfaat maksimal terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Menurutnya, hilirisasi harus dikembangkan secara optimal hingga menjadi bahan dasar produk industri.

“Hilirisasasi mineral tidak cukup hanya diproses setengah jadi. Namun harus dikembangkan secara maksimal menjadi produk yang menjadi bahan dasar pada tahapan pelengkap atau paling akhir dalam pohon industri” ujar Arifin, dikutip dari keterangan resmi, Senin (19/9).

Arifin menegaskan, pembangunan smelter harus mendapatkan perhatian dan dukungan dari pemerintah dan stakeholder lainnya agar dapat berjalan dengan baik. Dengan begitu diperlukan sinergi dan kolaborasi yang berkelanjutan agar hilirisasi mineral dapat berjalan optimal.

“Kewajiban hilirisasi yang melekat pada industri pertambangan adalah untuk memberikan nilai tambah agar memberikan hasil yang optimal bagi negara dan masyarakat dan melakukan pembangunan fasilitas pengolahan atau pemurnian mineral,” tambahnya.

Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam sumber daya alam khususnya cadangan mineral seperti nikel dan cobalt yang dapat dimanfaaatkan untuk pengembangan baterai untuk kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Keunggulan ini dapat diproses hingga produk akhir untuk mendukung transisi pembangunan energi berbasis fosil dengan menjadikan energi yang bersih untuk masa depan.

Selanjutnya Arifin berpesan bahwa dalam upaya hilirisasi dalam negeri, dibutuhkan pemanfataan sumber daya mineral dan batubara yang dilakukan dengan mengedepankan Environmental, Social and Governance (ESG).

“Ini bisa dicapai melalui prinsip good mining practices, yang tidak hanya memberikan dampak pada penerimaan negara dan masyarakat, tapi kelestarian lingkungan bisa tetap terjaga,” tutupnya.

Artikulli paraprakKenalkan Produk Baru di Mining Expo 2022, Altrak Optimis Penjualan Capai Target
Artikulli tjetërPusaka Bumi Transportasi Pamerkan 4 Brand Alat Berat Unggulan di Mining Expo 2022