Beranda ENERGI Migas Pertamina Kembali Temukan Sumberdaya Migas Baru

Pertamina Kembali Temukan Sumberdaya Migas Baru

Bojonegoro, 25 Oktober 2022 – Subholding Upstream Pertamina, melalui Regional Indonesia Timur, berhasil temukan sumberdaya kontijen gas dan kondensat di wilayah Bojonegoro, Jawa Timur, hasil pengeboran sumur eksplorasi Kolibri (KOL)-001.

Tajak sumur KOL-001 dimulai sejak 3 Juli 2022 dan berhasil menemukan hidrokarbon berupa gas dan kondensat pada uji kandung lapisan (DST #1). Saat ini Regional Indonesia Timur masih melakukan pemantauan aliran gas dan kondensat dari sumur eksplorasi tersebut.

Temuan sumber daya ini melengkapi rangkaian keberhasilan Subholding Upstream Pertamina sepanjang tahun 2022 setelah sebelumnya menemukan sumber daya migas baru hasil pengeboran eksplorasi sumur.

Seperti di Sungai Gelam Timur-1 (SGET-1) di Jambi, Manpatu-1X di Mahakam, Wilela-001 di Onshore Sumatera Selatan, Bajakah-001 di Onshore Jawa Barat, R-2 di Blok North Sumatera Offshore (NSO), Sungai Rotan-1X di Jambi, Markisa-001 di Papua, dan GQX-1 di offshore Utara Pulau Jawa.

Direktur Eksplorasi Pertamina Hulu Energi (PHE), Muharram Jaya Panguriseng, mengungkapkan rasa syukurnya atas temuan eksplorasi Kolibri. “Kami berterima kasih atas dukungan dari semua stakeholder dan pihak yang terlibat. Pertamina akan terus menggali potensi untuk mencari sumberdaya-sumberdaya  baru agar dapat menjaga keberlangsungan hulu migas nasional,” terang Muharram, Selasa (25/10).

Dalam eksplorasi, Subholding Upstream Pertamina memiliki tiga strategi, yaitu Eksplorasi masif dan agresif di Wilayah Kerja existing, mencari potensi eksplorasi di area baru dan strategi partnership.

Terpisah, Direktur Regional-4 Indonesia Timur-Subholding Upstream Pertamina, Endro Hartanto, menyampaikan harapan agar temuan Kolibri-001 ini dapat segera berkontribusi dalam upaya peningkatan produksi gas Regional Indonesia Timur.

“Kami akan mempercepat proses bisnis sehingga temuan Kolibri-001 ini bisa segera memasuki tahap Penentuan Status Eksplorasi (PSE) untuk mempercepat monetisasi temuan tersebut,” tegas Endro.

PHE sebagai Subholding Upstream Pertamina akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian minyak dan gas bumi kelas dunia. PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compat (UNGC) sebagai partisipan/member sejak Juni 2022.

PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasional, sebagai bagian penerapan aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG). PHE juga akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang environmentally friendly, socially responsible dan good governance

Artikulli paraprakPTBA Komitmen Ekspansi ke Bisnis Energi Baru Terbarukan
Artikulli tjetërGelar TPT Ke-31 Di Kendari, PERHAPI Dorong Hilirisasi Minerba Untuk Ketahanan Energi Dan Industri Nasional