Beranda ENERGI Kelistrikan Presiden Instruksikan Hadiah 47 PLTD untuk HUT ke-70 RI

Presiden Instruksikan Hadiah 47 PLTD untuk HUT ke-70 RI

Jakarta – TAMBANG. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyiapkan hadiah khusus bagi warga di area perbatasan, khususnya di Timor. Pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-70 RI bulan Agustus 2015 nanti, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) akan menerangi 47 titik terluar negeri ini.

 

“Akhirnya diputuskan, pada HUT RI ke-70, saya minta ada 47 pembangkit listrik diesel di wilayah perbatasan dan pulau terluar yang ada penduduknya,” demikian pernyataan Jokowi yang diulangi oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, Senin (8/12).

 

Kondisi menyedihkan memang masih terjadi di usia republik yang tak lagi muda ini, karena beberapa wilayah perbatasan belum dapat menikmati listrik. Indroyono mencontohkan bahwa kawasan Timor bagian barat yang berbatasan dengan Timor Leste masih kekurangan listrik. Ironisnya, justru negara tetangga punya kelebihan listrik dari kapasitas terpasang sebesar 150 MW yang hanya terpakai 110 MW.

 

“Timor sebelah barat kekurangan listrik. Itu nggak bagus. Minimal itu yang bisa kita berikan ke Rakyat Indonesia yang sudah 70 tahun merdeka,” pungkasnya.

 

Rencana pemerintah ini pun sudah mendapat sambutan baik dari DPR-RI, yang berjanji tak akan mempersulit soal anggaran untuk melistriki 47 wilayah perbatasan.

Artikulli paraprakCraig Stewart Diumumkan Jadi Presiden IPA 2015
Artikulli tjetërJ Resources Berhasil Capai Target Produksi