Beranda CSR Program Industri Kelapa Terpadu Haltim Antarkan ANTAM Raih Marketeers SME Enablers Award...

Program Industri Kelapa Terpadu Haltim Antarkan ANTAM Raih Marketeers SME Enablers Award 2022

Jakarta, TAMBANG – PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) menerima penghargaan pada kategori Agriculture Sector dalam acara Marketeers SME Enablers Awards 2022.

Anugerah ini diterima melalui program Industri Kelapa Terpadu Halmahera Timur sebagai apresiasi atas upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. Penghargaan diterima Head of Corporate Social Responsibility & Institutional Relations Agustinus Toko Susetio.

Direktur Sumber Daya Manusia, Basar Simanjuntak mengatakan peran ANTAM dalam program pemberdayaan masyarakat tidak hanya sebagai mitra pemberi modal, melainkan juga pendampingan dan pembinaan kepada UKM untuk pengembangan usaha, pengembangan sumber daya manusia, operasional pengelolaan produk, infrastruktur hingga pemasaran melalui kanal-kanal digital.

“Program Industri Kelapa Terpadu ini memiliki dampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi, sejalan dengan komitmen Perusahaan dalam melaksanakan bisnis yang berkelanjutan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (23/8).

Program Industri Kelapa Terpadu yang dijalankan oleh ANTAM Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara, dilaksanakan dengan pendekatan Creating Shared Value dan Creating New Value untuk membangun masyarakat yang sejahtera, mandiri, dan berkelanjutan. Strategi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan potensi tanaman kelapa untuk menjawab tantangan keberlanjutan yang dihadapi oleh masyarakat sekaligus Perusahaan.

Melalui program ini, masyarakat yang awalnya hanya mengolah kelapa menjadi kopra hitam, kini telah mampu memanfaatkan potensi lainnya dari sabut, tempurung, dan bagian tanaman kelapa lainnya sehingga dapat meningkatkan pendapatan, membuka lapangan kerja dan peluang usaha.

Di sisi lain, manfaat bagi Perusahaan sebagai enabler melalui program ini yaitu penggunaan produk coconet (jaring-jaring dari serabut kelapa) yang dapat digunakan untuk keperluan reklamasi lahan dengan harga yang lebih efisien.

“Sebagai bentuk apresiasi atas upaya yang dilakukan, Marketeers untuk pertama kalinya menggelar Marketeers SME Enablers Award 2022, bertepatan dengan Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus 2022,” paparnya.

Ini merupakan ajang kompetisi bagi para perusahaan pembina UKM. Penjurian dilakukan oleh tim editor Marketeers yang berkolaborasi dengan Indonesian Council for Small Business (ICSB).

Terdapat lima kriteria penilaian yaitu yang pertama, keunikan program pembinaan (Program Creativity). Kedua, kesesuaian program UKM dengan bisnis yang digeluti oleh pembina UKM (Business Model Alignment).

Ketiga, jangkauan program yang terukur dari jumlah dan sebaran UKM binaan (Implementation Reach). Keempat, dampak positif secara sosial ekonomi dari program pada UKM binaan (Societal Impact). Kelima, keberlanjutan dan konsistensi program dalam jangka panjang (Implementation Sustainability).

Artikulli paraprakDari Desa Umera, Pulau Gebe, Gema Kemerdekaan Berkumandang
Artikulli tjetërJadi Jembatan Transisi Energi: Gas Bumi Butuh Kebijakan Industri Hulu dan Industri Hilir