Beranda Tambang Today PTAR Pastikan Operasi Penambangan Tidak Merusak Lingkungan

PTAR Pastikan Operasi Penambangan Tidak Merusak Lingkungan

Tambang Emas Martabe (Foto: Istimewa)

Jakarta,TAMBANG,-Perusahaan tambang emas PT Agincourt Resources (PTAR) memastikan dalam kegiatan operai penambangan dan pengolahan selalu memperhatikan aspek lingkungan. Ini disampaikan Wakil Presiden Direktur PTAR Ruli Tanio saat memberi sambutan saat pengumuman Pemengan Lomba Jurnalistik Martabe 2021.

“Ada beberapa isu utama yang dihadapi salah satunya sebagai sebuah idnustri pertambangan dan pengolahan, perusahaan menjamin operasi tidak berdampak buruk pada lingkungan,”terang Ruli.

Ia pun mencontohkan tentang upaya perusahaan dalam mengolah air limbah sebelum dialirkan ke sungai. “Airnya tidak langsung kami buang ke sungai tetapi dikumpulkan dan diolah sampai memenuhi baku mutu. Jika sudah memenuhi baku mutu lingkungan baru kami alirkan ke sungai. Ini penting karena di sekitar Batang Toru masih daerah pertanian dan memanfaatkan air permukaan,”terang Ruli. Untuk memastikan air tersebut sudah memenuhi baku mutu lingkungan, ada tim penguji yang secara berkala melakukan test untuk memastikan kualitas air tersebut.

Ruli juga menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen menjaga kelestarian hutan di sekitar yang menjadi habitat Orang Utan. “Meski area kami sudah berada di pinggiran hutan, namun ekosistem Batang Toru tetap menjadi perhatian kami. Kami terus menjaga keseimbangan antara kepentingan ekonomi dengan kepentingan pengelolaan lingkungan,”lanjut Ruli.

Ia juga menjelaskan bahwa perusahaan telah memenuhi semua kewajiban terkait aspek tata kelola lingkungan. Termasuk kewajiban reklamasi atas areal tambang yang sudah diusahakan. “Perusahaan juga menempatkan sejumlah dana yang diwajibkan Pemerintah sebagai jaminan semua area yang dieksploitasi untuk segera dihijaukan. Jumlahnya tidak sedikit,”pungkasnya.

Artikulli paraprakPermintaan Bijih Besi Meningkat, Kapuas Prima Coal Targetkan Pendapatan Rp1,2 Triliun
Artikulli tjetërMulai Beroperasi, Smelter Timbal ZINC Targetkan Produksi 642.000 Ton Ore Tahun 2022