Beranda Mineral Smelter Feronikel Antam Rampung Tahun Ini

Smelter Feronikel Antam Rampung Tahun Ini

Jakarta-TAMBANG. Pengembangan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) feronikel Unit-II milik PT Aneka Tambang Tbk di Pomalaa, Sulawesi Tenggara telah mencapai 90%. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba), R. Sukhyar mengaku optimis pemurnian tersebut bakal beroperasi di Oktober 2015.

 

“Kami sudah lakukan kunjungan ke sana, pembangunan proyek feronikel sesuai jadwal yang direncanakan. Progresnya sudah 90 persen dan bisa commisioning Oktober ini,” kata Sukhyar, Jumat (06/03).

 

Menurut pria yang juga sekaligus menjabat sebagai Komisaris Utama Antam tersebut, sejauh ini pabrik feronikel Antam sendiri telah menghasilkan 18.500 TNi per tahun. Dengan rampungnya proyek perluasan pabrik, ia memperkirakan akan ada penambahan produksi sebanyak 9.000 TNi sehingga total produksi bisa mencapai 28.000 TNi.

 

Sukhyar mengatakan, smelter unit kedua itu merupakan bagian kegiatan konstruksi proyek perluasan pabrik feronikel Polamaa (P3FP) yang telah digelar Antam sejak awal 2013. Proyek tersebut, katanya, terdiri dari delapan paket kegiatan konstruksi yang mencakup pembangunan Jetty dan fasilitasnya; Belt Conveyors, Feni-I plant, electric smelting furnace, oxygen plant dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap berkapasitas 2×30 megawatt (MW) dengan total investasi sebesar US$ 573 juta.

 

Pada Oktober 2014 lalu, fasilitas dermaga yang memiliki kapasitas 12.000 DWT serta belt converyor sudah mencapai tahap comissioning. Sukhyar menjelaskan, saat ini manajemen Antam tengah melakukan finalisasi terkait pembangunan PLTU dan fasilitas produksi. Adapun listrik dari PLTU tadi akan dipasok untuk memenuhi kebutuhan energi bagi smelter Feronikel. Jika lebih, rencananya daya listrik akan dijual ke PT PLN (persero).

 

“Saya belum tahu besaran yang akan disalurkan melalui jaringan PLN. Tapi akhir tahun ini PLTU itu selesai,” bebernya.

 

Artikulli paraprakMedco Atasi Kebakaran Sumur Gas di Aceh
Artikulli tjetërJokowi Resmikan Terminal LNG Arun