Beranda Tambang Today Umum Standar Internasional Jamin Kualitas Layanan Prodi Teknik Pertambangan Unikarta

Standar Internasional Jamin Kualitas Layanan Prodi Teknik Pertambangan Unikarta

Jakarta, TAMBANG – Ketua Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Kutai Kartanegara (PSTP UNIKARTA), Sundek Hariyadi menyampaikan program studi (Prodi) yang terstandar internasional, kualitas pelayanannya pasti terjamin.

Sehubungan dengan pernyataan tersebut, Prodi Teknik Pertambangan Unikarta telah direkomendasikan memperoleh Sertifikat Standar Mutu Organisasi Pendidikan SNI ISO 21001 ; 2018 dan ISO 9001 ; 2015 melalui Assesmen Audit yang dilaksanakan pada 9 Agustus 2022 oleh PT ENHII MANDIRI 186.

“Melalui ISO 21001: 2018 ini, penyedia layanan pendidikan mendapat panduan tentang bagaimana menjamin kualitas di lingkungan pendidikan yang terus berubah sehingga dapat meningkatkan pelayanan dengan lebih baik,” ujarnya di Tenggarong, dikutip Rabu (10/8).

Dia mengatakan, sejak mulai diluncurkannya ISO 21001 pada 1 Mei 2018, banyak organisasi pendidikan yang ingin menerapkan standar ini. Manfaatnya meliputi penyelarasan sasaran dan kegiatan dengan kebijakan lebih baik, serta meningkatkan tanggung jawab sosial dengan menyediakan pendidikan berkualitas, inklusif, dan setara untuk semua.

“Selain itu, ISO 21001:2018 adalah standar acuan internasional bagi organisasi yang ingin membangun dan menerapkan sistem manajemen berdasarkan suatu kebutuhan kritis dan berkelanjutan serta juga menjadi sebuah sarana, yang memungkinkan organisasi pendidikan dapat menunjukkan komitmen mereka terhadap praktik manajemen pendidikan yang efektif, serta menstimulasi keunggulan dan inovasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sundek menyebut, ISO 21001:2018 yang diperoleh Program Studi Prodi Teknik Pertambangan Unikarta merupakan hasil upaya berupa kecermatan, kerapian, dan kelengkapan dokumen pendukung. Menurutnya, dengan perolehan tersebut, Prodi Teknik Pertambangan berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kinerja dan kualitas pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Dia menjelaskan, ISO 21001:2018 berkaitan tengtang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP). SMOP merupakan alat pengelola untuk organisasi pendidikan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan ekspektasi peserta didik dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

“ISO 21001:2018 merupakan salah satu acuan berstandar internasional yang memiliki lima konsep utama, yaitu pemikiran berbasis risiko, pendekatan proses, siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA), prinsip-prinsip manajemen, serta mengikuti struktur tingkat tinggi,” jelasnya.

Sundek mengatakan, untuk memperoleh ISO 21001:2018 harus melalui dua tahapan asesmen penilaian kesiapan dokumen dan implementasinya. Diperlukan juga bukti fisik proses penyusunan kurikulum beserta sampling.

“Harapan ke depannya bahwa ISO 21001: 2018 ini akan memotivasi Program Studi lain, bahkan seluruh unit pendukung akademik di Fakultas Teknik Unikarta untuk memperoleh apa yang sudah dicapai oleh Teknik Pertambangan,” tandasnya.

Kepala Unit Penjaminan Mutu Internal Fakultas Teknik Unikarta, Ansahar, menuturkan, proses ISO dimulai sejak pelaksanaan ISO 21001: 2018 Awareness Training pada 28 Juli 2022. Terdapat lima tahapan yang harus dilalui untuk sampai pada perolehan ISO 21001: 2018 ini, yaitu Awareness Development, Strategic Development, Business Process Mapping, Quality Assurance Review, dan Assessment.

“Diharapkan ISO 21001: 2018 membuat unit-unit yang terlibat meningkatkan pengelolaan berdasarkan apa yang sudah terdokumentasikan, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan stakeholder,” terangnya.

Artikulli paraprakKomisi VII DPR RI Desak BLU Batu Bara Segera Diresmikan
Artikulli tjetërGelar Metconnex, Ikatan Alumni ITB Dukung Pertambangan dan Ekstraksi Mineral Berkelanjutan

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.