Beranda Korporasi Indo Tambangraya Megah Sepakat Tebar Dividen dan Setujui Perubahan Susunan Direksi-Komisaris

Indo Tambangraya Megah Sepakat Tebar Dividen dan Setujui Perubahan Susunan Direksi-Komisaris

Indo Tambangraya Megah

Jakarta, TAMBANGPT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITM) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham dan perubahan susunan direksi dan komisaris dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis (28/3).

Rapat juga menyetujui Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2023, termasuk Laporan Keberlanjutan 2023 dan Laporan Pengawasan Dewan Komisaris sekaligus mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2023 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis dan Rekan sesuai dengan Laporannya tertanggal 21 Februari 2024.

Selain itu, Rapat juga memberikan pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas pengurusan dan pengawasan yang dilaksanakan selama tahun buku 2023.

Pada mata acara kedua, Rapat menyetujui dan menetapkan penggunaan laba bersih Perseroan Tahun Buku 2023 yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk yang tercatat sebesar USD500 juta.

Rapat memutuskan untuk menetapkan total dividen tunai kepada pemegang saham pada tahun buku 2023 sebesar USD325 juta, setara dengan rasio pembayaran sebesar 65% dari laba bersih Perseroan Tahun Buku 2023 yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk Perseroan.

Sebesar USD199 juta atau setara dengan Rp2.660 per saham telah didistribusikan kepada pemegang saham sebagai dividen interim tunai pada tanggal 22 September 2023 dan sisanya sebesar USD126 juta atau setara dengan Rp1.747 per saham berdasarkan kurs JISDOR Bank Indonesia tertanggal 28 Februari 2024 akan didistribusikan dalam bentuk dividen tunai kepada pemegang saham pada tanggal 25 April 2024.

Adapun sisa keuntungan bersih Perseroan akan ditambahkan pada Laba Ditahan guna mendukung bisnis Perseroan,ā€ ujar Corporate Communications, Erwin Katunde

Pada mata acara ketiga, Rapat menunjuk Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan (anggota PricewaterhouseCoopers) sebagai auditor eksternal Perseroan dengan Toto Harsono S.E., sebagai Akuntan Publik untuk melakukan audit atas buku- buku Perseroan untuk Tahun Buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2024 dan Laporan Keuangan lainnya sesuai kebutuhan Perusahaan.

Selanjutnya Rapat menyetujui perubahan susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perusahaan dalam mata acara keenam. Dalam mata acara ini, Perusahaan mengangkat Sinon Vongkusolkit dan Jamon Jamuang, masing masing sebagai Komisaris Perusahaan.

ā€œSelain itu Perusahaan juga mengangkat Bapak Niwat Boonyad sebagai Direktur Perusahaan dan Bapak Narin Sampattanavorachai sebagai Direktur Perusahaan menggantikan Chum Ramsiri,ā€ ungkap dia.

Berikut adalah susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan Indo Tambangraya Megah, efektif sejak ditutupnya Rapat:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama dan Komisaris Independen: Prof. Djisman Simandjuntak

Komisaris Independen: Prof. Djoko Wintoro, Ph.D

Komisaris Independen: Mahyudin Lubis

Komisaris: Somruedee Chaimongkol

Komisaris: Kirana Limpaphayom

Komisaris: Somsak Sithinamsuwan

Komisaris: Fredi Chandra

Komisaris: Maneewan Vachiruckul

Komisaris: Sinon Vongkusolkit

Komisaris: Jamon Jamuang

Susunan Direksi

Direktur Utama: Mulianto

Direktur: Ignatius Wurwanto

Direktur: Jusnan Ruslan

Direktur: Yulius Kurniawan Gozali

Direktur: Junius Prakasa Darmawan

Direktur: Stephanus Demo W

Direktur: Isara Pootrakul