Beranda Korporasi Ini Strategi PT BAg Hadapi Tantangan Tahun 2024

Ini Strategi PT BAg Hadapi Tantangan Tahun 2024

PT BAg

Jakarta, TAMBANG – Perusahaan yang bergerak di bidang transportasi angkutan laut, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg) punya strategi tersendiri untuk menghadapi tantangan tahun 2024.

Sekretaris Perusahaan, Aditya Yudanto mengungkapkan bahwa BAg sebagai perusahaan jasa angkutan laut untuk mendukung pasokan energi primer ke pembangkit-pembangkit PLN dan IPP di seluruh Indonesia, telah melakukan pencapaian dan pertumbuhan dari aspek keuangan dan operasional yang memberi nilai tambah bagi sub-holding PLN EPI.

“BAg telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Rencana Kerja Anggaran Perusahaan dimana terdapat milestone dan program strategis yang akan dilakukan Perseroan di tahun 2024,” ucap Aditya dalam Press Briefing Corporate Exposure PT PLN EPI yang diselenggarakan di Jakarta, dikutip Rabu (21/2).

Dalam milestone peningkatan pendapatan perusahaan, BAg akan melakukan optimalisasi bisnis eksisting dan peningkatan pendapatan di luar PLN Grup. Milestone selanjutnya terkait pencapaian angkutan batubara dimana BAg akan meningkatkan kapasitas armada dan bersinergi dengan mitra, meningkatkan jumlah muatan dan meningkatan ketepatan waktu untuk optimalisasi operasional kapal.

Aditya menyebut, pada tahun ini juga pihaknya akan mengoptimalkan Tingkat utilisasi dengan meminimalkan waktu idle kapal. Termasuk memaksimalkan manajemen dok, Planned Maintenance System dan sebagainya.

“Milestone optimasi operasi juga menjadi perhatian dimana programnya antara lain mengoptimalkan tingkat utilisasi dengan meminimalkan waktu idle kapal, mengoptimalkan docking management, mengoptimalkan Planned Maintenance System (PMS) untuk pengelolaan pemeliharaan kapal milik yang terintegrasi dan digitalisasi proses bisnis,” ucap dia.

Lebih lanjut, milestone selanjutnya BAg akan melakukan pengembangan bisnis baru di luar bisnis transportasi batu bara serta beyond KwH.

“Salah satu yang menjadi perhatian BAg adalah mendukung program transisi energi dengan mengurangi emisi karbon diantaranya dengan implementasi onshore charging dan melakukan studi pengembangan marine electrification,” beber dia.

Terpisah, Direktur Utama PT Pelayaran Bahtera Adhiguna, Tri Susanto juga mengapresiasi diadakannya Press Briefing Corporate Exposure dan berharap melalui program ini menjadi media untuk berbagi informasi tentang apa yang sudah dan akan dilaksanakan oleh perusahaan kepada publik.

“BAg akan terus berkembang dengan dukungan para stakeholder termasuk media, hal ini akan memberikan exposure positif bagi Perusahaan” pungkas Tri Susanto.