Beranda ENERGI Energi Terbarukan Lembaga Kerjasama AS Tawarkan Hibah Proyek Energi Terbarukan

Lembaga Kerjasama AS Tawarkan Hibah Proyek Energi Terbarukan

Jakarta – TAMBANG. Sebuah lembaga kerjasama bentukan Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah RI menawarkan hibah bagi proyek energi terbarukan swasta. Millennium Challenge Account (MCA) Indonesia mempersilakan calon pengembang yang berminat untuk mengajukan proposal proyeknya.

 

“Hibah ini berupaya meningkatkan investasi proyek energi terbarukan swasta, yang terkoneksi ke jaringan PLN,” demikian keterangan yang dituliskan dalam situs resmi MCA-Indonesia, Senin (19/1).

 

Pengajuan proposal melalui alamat surat elektronik diberi tenggat waktu hingga tanggal 10 April 2015, pukul 12.00 WIB.

 

Pembentukan lembaga MCA-Indonesia merupakan tindak lanjut dari perjanjian antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah RI melalui Millennium Challenge Corporation (MCC) pada tanggal 19 November 2011. Tujuannya adalah untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia melalui pertumbuhan ekonomi.

 

Salah satu dari tiga proyek yang dimandatkan dalam Perjajian Compact adalah Proyek Kemakmuran Hijau. Secara khusus, proyek tersebut bertujuan meningkatkan produktifitas dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, dengan mengembangkan energi terbarukan. Kemudian tujuan lain adalah mengurangi emisi gas rumah kaca, dengan memperbaiki penggunaan lahan dan pengelolaan sumber daya alam.

 

Penawaran hibah bagi pengembangan energi terbarukan sendiri adalah salah satu bentuk aktivitas Proyek Kemakmuran Hijau.

Artikulli paraprakChevron Masih Jadi Tumpuan Produksi Minyak RI
Artikulli tjetërTimah : Indonesia Pangkas, Australia Malah Genjot Pasokan