Beranda Mineral Pekan Ini Freeport Siap Tanda Tangan Kontrak Sewa Lahan Smelter

Pekan Ini Freeport Siap Tanda Tangan Kontrak Sewa Lahan Smelter

Jakarta – TAMBANG. Gresik mantap menjadi tempat pilihan pendirian pabrik pengolahan (smelter) tembaga PT Freeport Indonesia. Pekan ini, Freeport dan PT Petrokimia dijadualkan memandatangani kontrak kerja sama penyewaan lahan.

 

“Hasil kunjungan saya dan Pak Menteri ESDM, pekan ini mereka tanda tangan kontrak,” ujar Said Didu, Ketua Tim Pengembangan dan Percepatan Pembangunan Smelter Nasional, di Jakarta, Senin (23/3).

 

Lahan seluas 80 hektare yang disiapkan itu terletak di Provinsi Jawa Timur. Sistem kontrak dipakai karena lahan tersebut merupakan inventaris BUMN, sehingga tidak dapat diperjualbelikan. Rencananya, di atas lahan itu Freeport akan mendirikan smelter yang mampu mengolah hingga 2 juta ton konsentrat tembaga.

 

Akhir Januari lalu, sebuah nota kesepahaman memang sudah ditandatangani kedua perusahaan untuk membentuk tim khusus yang merumuskan kerja sama secara rinci. Kontrak yang akan ditandatangani dalam pekan ini adalah hasil dari pembahasan lanjutan nota kesepahaman tersebut.

 

Namun demikian, Said Didu mengaku tidak mengetahui secara rinci isi dari kontrak kerja sama yang akan ditandatangani itu. Menurutnya pemerintah tidak akan campur tangan dalam kesepakatan yang sifatnya business to business (B to B).

 

“Biarkan mereka yang membahasnya. Kami tidak ikut membicarakan tentang sewa lahan atau kepemilikan saham. Ini untuk menghindari penumpang gelap,” pungkasnya.

 

Artikulli paraprakHarga Batu Bara Mulai Terus Merangkak
Artikulli tjetërLee Kuan Yew Jadikan Singapura Kaya Tanpa Sumber Daya Energi