Beranda Tambang Today Umum Presiden Joko Widodo Hadiri Seremoni Implementasi Industri Baterai Listrik Di Batang

Presiden Joko Widodo Hadiri Seremoni Implementasi Industri Baterai Listrik Di Batang

Sumber

Jakarta,TAMBANG,- Hari ini,(8/6) Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah. Presiden yang menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, akan mengunjungi Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang. Di KITB, Presiden diagendakan menghadiri seremoni implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi.

Sebagaimana diketahui Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) merupakan salah satu kawasan industri yang diantaranya didedikasikan untuk pengembangan kendaraan listrik dan industri pendukunganya seperti industri baterai. Pada April silam kepada awak Media, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan pembangunan pabrik komponen baterai mobil listrik yang dilakukan investor asal Korea Selatan LG Chem Ltd bakal dimulai pada bulan Mei atau Juni 2022 mendatang. “Kami sudah melakukan terobosan untuk prekursor katoda di Batang, Jawa Tengah dengan LG,” tutur Bahlil kala itu.

Perusahaan asal Korea Selatan ini telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding-MoU) dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia pada Desember 2021 silam. Kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama dalam proyek investasi raksasa dan strategis di bidang industri sel baterai kendaraan listrik terintegrasi dengan pertambangan, peleburan (smelter), pemurnian (refining) serta industri prekursor dan katoda dengan nilai investasi sebesar USD9,8 miliar.

Pengembangan industri ini akan dilakukan LG Energy Solution Ltd bekerja sama dengan konsorsium BUMN. Proyek kerja sama investasi ini merupakan hasil tindak lanjut pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Moon Jae In di Busan pada bulan November 2019 lalu.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Artikulli paraprakLagi, PT Pertamina Raih Penghargaan Sustainability Business Award 2022
Artikulli tjetërLokasi Sulit Dijangkau, PTAR Sediakan Helikopter Untuk Lepas Harimau