Beranda CSR Sembilan Program CSR ANTAM Raih Indonesian SDGs Award 2022

Sembilan Program CSR ANTAM Raih Indonesian SDGs Award 2022

Jakarta, TAMBANG – PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) memperoleh 9 penghargaan dalam ajang Indonesian Sustainable Development Goals Awards (ISDA) 2022 yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) pada 22 November 2022.  

Sekretaris Perusahaan ANTAM, Syarif Faisal Alkadrie mengatakan ANTAM melaksanakan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) terintegrasi yang mencakup aspek pada tiga pilar yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan masyarakat.

“Sehingga dapat dikatakan bahwa penghargaan-penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen Perusahaan dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat terutama di sekitar wilayah operasi Perusahaan,” ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Senin (5/12).

Dijelaskan, pada tahun ini ANTAM mendapatkan 3 peringkat tertinggi Platinum pada program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pelestarian Lingkungan Cisangku (Pepeling Cisangku) yang dilaksanakan oleh Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas serta dua program dari Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia yaitu Digitalisasi Pelayanan Nasabah di Bank Sampah Pok Lisa Jaka serta Mitigasi dan Penanggulangan Bencana di Indonesia.

Dua dari Empat peringkat Gold yang diterima oleh UBP Bauksit Kalimantan Barat yaitu program Dayak Ecotourism Concept (DEC): Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Dayak di Kawasan Wisata Alam Danau Laet Desa Subah dan Gen Sehat (Generasi Sehat Bebas Stunting) Berbasis Masyarakat.

Sementara dua penghargaan Gold lainnya diperoleh UBP Nikel Kolaka dengan program Daya Bergala “Berdaya Bersama Menjaga Pesisir Pomalaa”, serta  UBPP Logam Mulia dengan program Kelompok Tani Hutan Jatinegara Kaum dalam Praktek Penghijauan dan Pertanian Rendah Gas Rumah Kaca.

Selain itu dua peringkat Silver masing-masing diraih oleh program Pemanfaatan Kotoran Ternak menjadi Biogas dan Bio-slurry melalui Penggunaan Biodigester untuk Pengembangan Energi Terbarukan dari UBP Bauksit Kalimantan Barat dan program Rehabilitasi Karamba: Transformasi Karamba Karang Menjadi Struktur Karang Buatan Terbesar di Indonesia dari UBP Nikel Kolaka.

Di ajang ini, Direktur Utama ANTAM, Nico Kanter juga dianugerahi penghargaan dari ISDA 2022 pada kategori The Top Corporate Leadership on SDGs. Beserta seorang local hero mitra dari UBP Nikel Kolaka bernama Agus Gafur atas kontribusinya sebagai pembina kelompok nelayan Hakatutobu di Pomalaa.

ISDA 2022 merupakan ajang tahunan yang memberikan penghargaan atas praktik-praktik terbaik dalam penerapan program yang terkait dengan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) bagi kinerja perusahaan, lembaga, organisasi dan individu dari perusahaan maupun masyarakat atau local hero.

Penghargaan ini juga merupakan kerja sama antara CFCD dengan Kantor Wakil Presiden Republik Indonesia, Kemenko Perekonomian, Kementerian ESDM dan Bappenas.

Tulisan SebelumnyaLagi, Dwi Soetjipto Terpilih sebagai Kepala SKK Migas Periode 2022-2026
Tulisan SelanjutnyaJumbo, PT Timah Setorkan Pajak dan PNBP Sebesar Rp1,39 Triliun Hingga Kuartal III