Beranda Tambang Today Shell Indonesia Tawarkan Tiga Jenis Kemitraan Sebagai Peluang Bisnis

Shell Indonesia Tawarkan Tiga Jenis Kemitraan Sebagai Peluang Bisnis

Jakarta,TAMBANG,- Shell Indonesia berpartisipasi dalam acara International Franchise, License & Business Concept, Expo & Conference (IFRA) 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada 5-7 Agustus, 2022. Dalam kesempatan ini, Shell memperkenalkan tiga jenis kemitraan bagi para pengusaha sebagai peluang bisnis. 

Ketiga program kemitraan ini memiliki skema bisnis yang berbeda. Pertama, Kemitraan Co-locator di mana mitra dapat menyewa tempat untuk membuka bisnisnya di area SPBU Shell atau disebut bisnis NFR (Non-Fuel Retail). Kedua adalah Kemitraan Retailer, di mana Shell yang memiliki aset dan membangun SPBU, namun dioperasikan oleh mitra pengelola. Skema ketiga adalah Kemitraan Dealer di mana mitra yang memiliki aset, membangun dan mengoperasikan SPBU dengan standar operasional Shell.

Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia Ingrid Siburian mengatakan bermitra dengan pengusaha lokal di Indonesia merupakan wujud komitmen kami untuk turut mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. “Melalui program kemitraan yang kami tawarkan, para pengusaha dapat memilih skema investasi yang sejalan dengan kondisi maupun tujuan bisnis mereka. Selain itu, kami juga menawarkan berbagai dukungan tambahan seperti aktivitas promosi dan pelatihan agar Shell bersama mitra dapat tumbuh bersama.”terang Ingrid.

Ia juga menambahkan bahwa tiga program kemitraan ini juga memiliki persyaratan yang mudah dengan skema bisnis yang kompetitif.  

Salah satu mitra co-Locator yang sukses berbisnis dengan Shell adalah PT Pelopor Karya Boga dengan brand Summer Minibar. Richard Theodore, CEO PT Pelopor Karya Boga mengatakan bahwa saat ini outlet Summer Minibar sudah tersebar di tujuh SPBU Shell.  “Perkembangan outlet kami terus mengalami pertumbuhan sejak bergabung dengan program kemitraan co-locator Shell pada tahun 2021,” terang Richard.

Mitra co-locator lainnya, Sugiyanto Wibawa, Managing Director Kawan Lama Group dengan produknya Chatime, Cupbop dan Gindaco juga mengakui sejauh ini skema co-locator yang ditawarkan Shell cocok untuk mereka . “Tidak sekedar menyewa lokasi, tapi produk kami juga bisa berkolaborasi dengan Shell dalam hal publikasi dan promosi sehingga bisa membantu penjualan.”terang Sugiyanto.

Untuk mendukung perkembangan bisnis para mitra, khususnya mitra co-locator, Shell memberikan dukungan dengan mempromosikan produk dari mitra co-locator di beberapa media promosi resmi Shell seperti Instagram maupun aplikasi Shell Go+. 

Hingga Juli 2022, terdapat 155 tenant atau co-locator yang tersebar di 90 lokasi SPBU Shell di Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Medan. Merek-merek yang menjadi mitra co-locator di antaranya adalah Chatime, Cupbop, Gindaco, McD, KFC, Kopi Kenangan, Hotdog Booth, Summer Minibar, Flash Coffee, Baso Afung, Shihlin, dan masih banyak lagi.

Selain itu, hingga Juli 2022, terdapat gabungan 90 retailer dan dealer yang menjalankan bisnis SPBU di 188 SPBU Shell yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur & Sumatera Utara.

Artikulli paraprakMasifkan Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Tambah SPKLU di Kalimantan dan Sulawesi
Artikulli tjetërPengamat; BLU Jadi Solusi Amankan Pasokan Batubara Ke PLN