Beranda CSR Berau Coal Salurkan Beasiswa Pendidikan dan 16 Unit Bus Transportasi ke BUMK

Berau Coal Salurkan Beasiswa Pendidikan dan 16 Unit Bus Transportasi ke BUMK

JAKARTA, TAMBANG – Pendidikan merupakan salah satu penunjang kualitas sumber daya manusia untuk mendukung kemajuan suatu daerah. Hal tersebut menjadi fokus Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal, salah satu perusahaan batu bara terbesar yang beroperasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Berbagai program terus dicanangkan perusahaan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kemandirian ekonomi  di Kabupaten Berau.

Terbaru, pada Rabu 26 Januari lalu perusahaan menyalurkan beasiswa pendidikan kepada 35 orang mahasiswa Politeknik Sinar Mas Berau Coal yang merupakan pemuda-pemudi asli Kabupaten Berau. Perusahaan juga memberikan 16 unit bus transportasi kepada Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) yang akan digunakan untuk transportasi anak sekolah serta keperluan kampung lainnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih mengapresiasi kontribusi perusahaan. Menurutnya, bantuan tersebut merupakan satu langkah yang mencerminkan keseriusan sekaligus konsistensi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan profesional unggul di Kabupaten Berau. Berau Coal lanjut dia, selalu hadir dan mendukung berbagai program Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Berau Coal yang selalu hadir mendukung Pemkab Berau. Dukungan-dukungan seperti ini, bukan kali pertama diberikan. Sebelumnya, juga sering dilakukan Berau Coal dalam mendukung program Pemkab Berau,” jelasnya, dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (30/1).

Sri kemudian menyampaikan, penyerahan 16 unit bus melalui BUMK yang diperuntukkan untuk membantu transportasi anak sekolah, juga dapat digunakan untuk keperluan usaha sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Kampung (PAK) oleh BUMK setempat.

Tidak itu saja, Sri juga berharap, perusahaan-perusahaan pertambangan lainnya di Berau juga dapat mengikuti jejak Berau Coal agar dapat melakukan hal yang sama.

“Keinginan kami semua perusahaan yang beroperasi di Berau dapat berkontribusi seperti yang Berau Coal lakukan. Terutama melakukan pembinaan, peningkatan kualitas SDM, dalam sektor pendidikan, hingga membantu penguatan ekonomi di kampung binaannya,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Ketua Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC), Horas Parsaulian Pardede mengatakan, melalui PPM, PT Berau Coal berkomitmen mendukung program Pemkab Berau dalam berbagai pilar, terutama fokus kepada pilar pendidikan dan ekonomi. Hal ini dilakukan, untuk mencetak SDM yang siap kerja dan mendorong geliat peluang ekonomi masyarakat.

Pengembangan SDM merupakan hal yang prioritas, termasuk mendukung pengembangan pendidikan vokasi. Itu juga sudah sejalan dengan keberadaan Politeknik Sinar Mas Berau Coal yang didirikan untuk menyiapkan tenaga kerja lokal di daerah agar memiliki keahlian di bidangnya dan mampu bersaing secara global. Di tahun ke lima Politeknik Sinar Mas Berau Coal berdiri, total penerima beasiswa PT Berau Coal sudah mencapai 172 mahasiswa.

“Melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, kami memberikan beasiswa untuk mendukung proses belajar mahasiswa. Hal ini sebagai bentuk kontribusi PT Berau Coal dalam mendorong semangat belajar dan mewujudkan pendidikan yang merata,” terangnya.

Terkait penyerahan bus transportasi, dikatakan Horas, dukungan transportasi sekolah selama ini diubah guna mendorong kemandirian ekonomi kampung dengan penyediaan bus yang akan dikelola oleh BUMK.

“Sebenarnya ada 4 yang sudah kami serahkan di tahun lalu jadi sebenarnya totalnya 20 unit bus yang kami berikan tahun ini. Bus ini akan digunakan untuk mendukung transportasi pelajar di kampung-kampung dampingan” kata dia.

Mewakili Berau Coal, dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan yang baik dari Pemerintah Kabupaten Berau dan seluruh stakeholder yang ada. Sehingga, kegiatan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di semua sektor berjalan lancar.

“Melalui penyerahan beasiswa dan bus BUMK, merupakan wujud komitmen PT Berau Coal dalam mendukung pendidikan di Kabupaten Berau, yang muaranya nanti juga dapat mengerakkan perekonomian,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Tumbit Dayak, Achmad Jamlan mengaku sangat berterima kasih. Dan tentu pihaknya akan memanfaatkan secara baik bus itu untuk keperluan kampung, sebagai pendukung BUMK dalam meningkatkan perekonomian.

“Khususnya untuk mobilisasi para pelajar. Apalagi terjamin baik segi keamanan dan keselamatan saat antar jemput anak sekolah,” tutur Achmad Jamlan, sebagai salah satu pihak kampung yang menerima bantuan bus dari PT Berau Coal.

Terpisah, mahasiswa Politeknik Sinar Mas Berau Coal, Yoga Prasetya, yang menjadi salah satu penerima beasiswa dari Berau Coal, juga mengucapkan terima kasih. Dengan adanya beasiswa tersebut, dirinya menjadi lebih fokus kuliah.

Sebagai mahasiswa, tentu yang menjadi persoalan adalah biaya kuliah. Dirinya pun mengaku senang menjadi peserta yang beruntung mendapatkan beasiswa dari Berau Coal. Dirinya berharap, di tahun mendatang, beasiswa serupa dapat kembali dilanjutkan.

“Alhamdulilah, adanya beasiswa ini, saya kurang memikirkan biaya lagi. jadi lebih fokus untuk belajar. Terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada PT Berau Coal, yang sudah membantu,”  Ungkap mahasiswa asal Kelurahan Gunung Panjang itu.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Berau, Hardiansyah melalui Sekretaris Umum Muhammad Muchsin mengapresiasi program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini telah dilakukan PT Berau Coal melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal.

Muchsin mewakili pengurus DPD KNPI Berau sangat mengapresiasi, menyambut baik dan berterima kasih kepada PT Berau Coal yang selalu berpartisipasi dalam peningkatan kualitas masyarakat Bumi Batiwakkal, di antaranya dengan memberikan bus kepada BUMK sebagai sarana antar jemput siswa, yang juga bisa digunakan sebagai program BUMK dalam peningkatan PAK, serta beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Politeknik Sinar Mas.

PT Berau Coal juga, kata dia telah berkomitmen dengan Pemkab Berau dan berbagai organisasi baik organisasi masyarakat, kepemudaan maupun organisasi lainnya untuk bersama membangun Kabupaten Berau menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Komitmennya sudah jelas, tinggal kita harus bantu dan bersinergi dengan PT Berau Coal agar lebih baik lagi ke depannya,” ungkap Muchsin.

Untuk diketahui, acara serah terima dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Berau. Acara turut dihadiri Ketua Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC), Horas Parsaulian Pardede, Bupati Berau, Sri Juniarsih, Wakil Bupati Berau, Gamalis, Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK), Ilyas Natsir, Kepala Dinas Pendidikan, Murjani dan Sekretaris DPD KNPI, Berau M Muchsin.

Artikulli paraprakPutra Perkasa Abadi Teken Kontrak Dengan Bukit Asam
Artikulli tjetërMasih Defisit, Harga Aluminium Di 2022 Bakal Menguat